info@syarfi.com

+62-822-9777-0619

MT Haryono
Jakarta, 14907

Pertanyaan yang sering diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan beserta dengan jawabannya. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika ada hal yang ingin Anda ketahui namun belum tercantum di halaman FAQ ini.

Pengguna Dana

Aplikasi

Informasi atau dokumen apa sajakah yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman?
Pertama, dokumen yang dibutuhkan oleh pengguna dana yang bekerja sebagai karyawan adalah :
a. KTP pengguna dana
b. Kartu keluarga
c. NPWP
d. SK pengangkatan pegawai / surat keterangan bekerja
e. Slip Gaji bulan terakhir
f. Rekening Koran 3 bulan terakhir

Kedua, dokumen yang dibutuhkan oleh pengguna dana yang berwirausaha perorangan :
a. KTP pengguna dana
b. Kartu keluarga
c. NPWP
d. Surat izin usaha perdagangan (SIUP)/surat keterangan usaha (SKU)
e. Laporan keuangan minimal 1 tahun terakhir namun akan diutamakan jika dapat memberikan laporan keuangan 2 tahun terakhir
f. Rekening Koran 3 bulan terakhir

Ketiga, dokumen yg dibutuhkan oleh pengguna dana yang bekerja professional:
a. KTP pengguna dana
b. Kartu keluarga
c. NPWP
d. Surat izin praktek
e. Laporan keuangan minimal 1 tahun terakhir namun akan diutamakan jika dapat memberikan laporan keuangan 2 tahun terakhir / slip gaji bila bekerja
f. Rekening koran 3 bulan terakhir

Keempat, dokumen yang dibutuhkan oleh pengguna dana yang berbadan hukum :
a. KTP Direktur Utama
b. NPWP Direktur Utama
c. Legalitas perusahaan
d. NPWP Perusahaan
e. Laporan keuangan minimal 1 tahun terakhir, namun akan diutamakan jika dapat memberikan laporan keuangan 2 tahun terakhir.
Apa itu Pembiayaan Syarfi?
Pembiayaan dengan konsep Crowdfunding Syariah yang menghubungkan antara pemilik dana dengan pengguna dana dengan produk - produknya seperti : pembiayaan barang,jasa,usaha dan social.
Berapa lama proses untuk mendapatkan pembiayaan Syarfi?
Proses analisis, seleksi, dan persetujuan oleh Syarfi akan memakan waktu maksimal 4 hari kerja setelah seluruh persyaratan dokumen dinyatakan lengkap, yang selanjutnya akan melalui masa penawaran/crowdfunding selama maksimal 14 hari.
Berapa Biaya Administrasi yang dikenakan oleh Syarfi?
Biaya yang dikenakan oleh Syarfi adalah2-6% dari jumlah total pembiayaan
Dapatkah melakukan pembiayaan baru apabila pembiayaan saya sebelumnya di Syarfi belum lunas?
Pembiayaan sebelumnya harus dilunasi terlebih dahulu
Apakah ada biaya pendaftaran untuk mengajukan aplikasi pembiayaan di Syarfi?
Tidak ada biaya pendaftaran ketika hendak mengajukan aplikasi baik itu untuk investasi maupun pembiayaan.

Pelunasan

Bagaimanakah perhitungan pelunasan hutang?
Pelunasan dihitung berdasarkan jumlah pembiayaan, tenor dan margin yang disepakati.
Apakah saya wajib memilik pinjaman pribadi/ Personal Guarantor (PG)?
Tidak diperlukan memiliki pinjaman pribadi.
Kapan cicilan pelunasan hutang dimulai?
Cicilan dimulai pada saat tanggal akad ditandatangani di bulan berikutnya.
Bisakah kita membayar angsuran sebelum tanggal pembayaran yang ditentukan?
Tentu saja bisa
Untuk pelayanan pasca persetujuan pembayaran, bagaimana cara penerima pembiayaan menghubungi Syarfi?
Penerima pembayaran dapat menghubungi syarfi melalui contact person CS yang terdapat di website syarfi atau no telephone CS Syarfi.

Pembiayaan

Biaya apa saja yang dikenakan?
Biaya yang dikenakan adalah biaya administrasi dan biaya asuransi.
Apakah pengguna dana dapat melakukan pelunasan dipercepat?
Ya tentu saja. Syarfi akan mendukung jika pengguna dana dapat melakukan pelunasan dipercepat.
Apakah akan dikenakan biaya bila melakukan pelunasan dipercepat?
Tidak, yang dihitung adalah hanya sisa pokoknya saja.

Investor

Umum

Apa kegiatan usaha Syarfi?
Syarfi merupakan platform digital yang mempertemukan antara Pemberi Dana (investor) dengan Pengguna Dana (Borrower)
Bagaimana Syarfi menilai kelayakan pembiayaan?
Syarfi melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh calon pengguna dana beserta pembiayaan yang dilakukan dengan sistem credit scoring modern, sehingga hanya pembiayaan yang berkualitas tinggi yang akan ditawarkan kepada pemilik dana.

Aplikasi

Bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi Investor?
Silahkan mendaftarakan diri di website Syarfi atau di aplikasi mobile Syarfi.
Apakah saya bisa mendaftar sebagai Investor dan Pengguna Dana, atau sebagai mitra, secara bersamaan?
Setiap akun yang terdaftar dapat menjadi pemilik danaatau pengguna dana atau mitra secara besamaan dalam platform Syarfi
Bagaimana agar saya mendapat bantuan untuk proses pendaftaran?
Jika borrower atau investor mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran silahkan menghubungi CS live kami.
Apa saja syarat untuk menjadi pemilik dana?
Anda harus berusia minimal 18 tahun. Warga Negara Indonesia dan asing diperbolehkan untuk menjadi pemilik dana, terlepas dari lokasi tempat tinggal Anda.Untuk mendukung pencegahan money laundering yang dilakukan oleh pemerintah, Anda diharuskan untuk memberikan data KTP / Passport.
Biaya apa saja yang dikenakan kepada pemilik dana?
Selama pendaftaran, Syarfi tidak mengenai biaya pendaftaran. Biaya sebesar 1% hanya akan dikenakan setiap Anda menerima repayment atas pendanaan yang anda lakukan.

Pendanaan

Bagaimana cara saya memulai pendanaan UKM?
Pendanaan dapat di mulai dengan melalukan investasi sebesar Rp. 500.000,-, Anda dapat memulai aktivitas pendanaan UKM. Untuk melihat pilihan UKM yang sedang dalam proses pengumpulan dana, silahkan login ke akun Syarfi dan klik menu "Market Place Investor".
Kemanakah pendanaan saya disalurkan?
Anda akan mendanai UKM yang sudah di nilai potensial yang di Indonesia. Pinjaman yang diberikan akan digunakan untuk kegiatan bisnis, seperti talangan modal usaha, dan uang muka untuk proyek baru. Detail pembiayaan dapat dilihat pada halaman “market place investor”.
Apakah saya dapat mengetahui UKM mana yang saya pinjamkan?
Bisa, kami dapat memberikan informasi jenis usaha dan performanya.
Berapa nominal pendanaan per pembiayaan?
Nominal pendanaan per pembiayaan adalah sebesar Rp 500.000,-.
Berapa deposit minimum yang harus diberikan?
Untuk menjadi pemilik dana di Syarfi, minimum anda dapat mendepositkan dana anda sebesar Rp. 500.000,-
Berapa perkiraan imbal hasil dari pendanaan yang saya lakukan?
Imbal hasil yang diperoleh akan berbeda, bergantung dari jenis pembiayaan yang akan dibiayai.
Apakah pendapatan profit yang saya miliki dikenakan pajak?
Iya PPh pasal 4 ayat (2) dipotong dan disetor oleh perusahaan kami, karena menurut perundang-undangan pajak yang berlaku setiap penambahan pendapatan yang dimiliki wajib pajak akan dikenakan pajak.
Berapa lama jangka waktu pendanaan/crowdfunding?
Semua pembiayaan akan dipublikasi dan melalui masa pengumpulan dana/crowdfunding selama maksimal 14 hari. Untuk setiap pembiayaan,, Syarfi akan memberikan notifikasi melalui email kepada pemilik dana mengenai informasi pembiayaan baru. Jika selama masa pengumpulan dana, target dana belum terpenuhi seluruhnya, maka Syarfi akan memberikan pilihan kepada pengguna dana untuk dapat memperpanjang durasi masa pengumpulan dana. Namun jika setelah melalui penambahan durasi, target dana yang masih belum juga terpenuhi, maka Syarfi akan melakukan analisis lebih lanjut untuk menentukan apakah dana yang telah terkumpul akan disalurkan atau dibatalkan.
Seberapa aman pendanaan pembiayaan di platform Syarfi?
Syarfi akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh calon pengguna dana beserta pembiayaan yang dilakukan dengan sistem credit scoring modern, sehingga hanya pembiayaan yang berkualitas tinggi yang akan ditawarkan kepada pemilik dana. Syarfi juga sangat menjunjung tinggi nilai transparansi dan bebas gharar, dengan mencantumkan informasi seputar pengguna dana serta syarat dan ketentuan pembiayaan di platform Syarfi. Sejak November 2017,Syarfi telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang artinya Syarfi telah memenuhi standar pemerintah dari segi sistem elektronik, mitigasi risiko, kelayakan sumber daya manusia, dan infrastruktur operasional lainnya untuk menjalankan bisnis.
Apa saja resiko yang terdapat dalam pendanaan pembiayaan di platform Syarfi?
Setiap hal yang kita lakukan pasti memiliki resiko baik kecil ataupun besar. Dalam pendanaan pembiayaan Syarfi, resiko bisa dinilai kecil karena kami sangat ketat dalam melakukan penilaian terhadap pengguna dana. Adapun resiko yang muncul diantaranya adalah keterlambatan pembayaran dan kegagalan pembayaran oleh pengguna dana.
Bagaimana bila Syarfi mengalami kebangkrutan?
Penting untuk diketahui bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Sebagai contoh yang fenomenal adalah Lehman Brothers yang sudah berusia ratusan tahun dan menjadi korban dari krisis Subprime Mortgage. Jika hal tersebut terjadi kepada kami, kami akan tetap memprioritaskan kewajiban kami semampunya kepada investor.Dan perlu diingat bahwa akad kami kepada investor adalah mudarabah mukayadah yang artinya investor dan perusahaan kami sama sama menanggung untung dan rugi.
Apa saya dapat membatalkan pendanaan yang telah di proses?
Tidak bisa.
Mengapa kadang ada jarak waktu antara selesainya proses crowdfunding atau pendanan tuntas berubah menjadi pinjaman aktif?
tidak ada yang terjadi

Pelunasan

Bagaimana cara saya melakukan penarikan dana?
Investor dengan mudah bisa menarik uang mereka dari escrow account dari acount syarfi; fitur informasi mengenai saldo dan instruksi cara menarik uang ini tertera di dashboard setiap investor.
Apa yang terjadi ketika pelunasan dilakukan lebih awal oleh Lender?
Jika borrower akan melakukan penarikan dana, silahkan melakukan penarikan pada bank Virtual Account yang sudah di tunjuk oleh Syarfi.
Apa yang terjadi ketika pelunasan terlambat dilakukan oleh Lender?
Tidak ada yang terjadi

Regulasi

Apakah alternative Investasi dari Syarfi dijamin atau di asuransikan?
Iya, karena setiap dana yang diberikan untuk diinvestasikan memiliki asuransi Jiwa kredit yang tidak kami informasikan kepada pengguna dana dengan bertujuan untuk tidak disepelekan oleh pengguna dana dalam hal pembayaran angsuran terlebih hal tersebut menyangkut kepentingan pemilik dana, sehingga setiap ada yang macet pembayaran angsurannya, maka pihak asuransi akan memback-up untuk membayar angsuran kepada Pemilik dana.
Apakah kegiatan operasional Syarfi diatur oleh pemerintah?
Tentu saja, hal ini bisa dilihat pada POJK Nomor 77 tahun 2016, POJK Nomor 12 tahun 2016, POJK Nomor 76 tahun 2016 dan permenkominfo terkait dalam perlindungan data privasi, sehingga seluruhnya kegiatan kami diawasi dan di regulasikan oleh OJK dan Kemenkominfo serta BI dalam hal kegiatan usaha kami.

Pertanyaan Umum

Bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi pemilik dana?
Syarat menjadi pemilik dana dengan mendaftarkan diri di website syarfi atau di aplikasi mobile Syarfi.
Apa saja syarat untuk menjadi pemilik dana?
Anda harus berusia minimal 18 tahun. Warga Negara Indonesia dan asing diperbolehkan untuk menjadi pemilik dana, terlepas dari lokasi tempat tinggal Anda.Untuk mendukung pencegahan money laundering yang dilakukan oleh pemerintah, Anda diharuskan untuk memberikan data KTP / Passport.
Berapa perkiraan imbal hasil dari pendanaan yang saya lakukan?
Imbal hasil yang diperoleh akan berbeda, bergantung dari jenis pembiayaan yang akan dibiayai.
Kapan saya bisa mengetahui pembayaran di angsuran pembiayaan saya di akun saya?
Pembiayaan angsuran dapat di ketahui dan di mulai ketika pengajuan sudah di terima dan sudah di cairkan.

Invoice Financing

Apa itu Invoice Financing Syarfi?
Pembiayaan dengan jaminan invoice, dimana pembiayaan tersebut dapat membantu para pebisnis untuk mendapatkan fleksibilitas lebih dalam dalam mengelola arus kasnya dengan menggunakan akad mudharabah.
Bagaimana Syarfi menilai kelayakan invoice yang akan dibiayai?
Syarfi akan melakukan pengujian dan analisa yang ketat untuk mengevaluasi setiap pembiayaan invoice financing. Syarfi menggunakan sistem credit scoring modern yang menggabungkan metode institusi keuangan konvensional dengan metode inovatif dan modern, sehingga hanya pembiayaan yang berkualitas yang akan ditawarkan kepada pemilik dana.
Bagaimana saya bisa mendanai Invoice Financing?
Silahkan mendaftarakan diri di website Syarfi atau di aplikasi mobile Syarfi dan pilih pembiayaan Invoice Financing.
Berapa banyak pilihan tenor yang tersedia?
Tenor yang tersedia untuk pembiayaan invoice ini adalah 1-12 bulan.
Berapa tingkat pengembalian yang diberikan?
Tingkat pengembalian yang ditawrkan tergantung pada berapa besar nisbah bagi hasil yang ditawarkan oleh pengguna dana.
Seberapa amankah produk invoice financing ini?
Produk invoice financing ini memiliki kelebihan antara lain sudah terjalin hubungan yang baik antara pemilik dana dengan pihak lainnya (klien/supplier/distributor/lainnya) sehingga dapat menurunkan tingkat resiko. Namun, syarfi tetap akan melakukan penilaian dan pengujian yang ketat terhadap pembiayaan produk invoice financing. Setelah pembiayaan tersebut telah dilaksanakan, Syarfi akan membantu untuk memantau dan mengingatkan pengguna dana untuk melakukan pengembalian pembiayaan secara tepat waktu. Namun yang perlu diperhatikan bahwa resiko keterlambatan dan kegagalan pembayaran dari pengguna da tetap ada.
Berapakah pendanaan minimal untuk produk invoice financing ini?
Pendanaan minimal adalah Rp. 500.000 .
Apa saja biaya yang dibutuhkan untuk produk invoice financing ini?
Biaya sebesar 1% hanya akan dikenakan setiap Anda menerima repayment atas pendanaan yang anda lakukan.

Administrasi

Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk Investor?
Penandatanganan dilakukan secara digital, yang akan diinstruksikan ketika sudah disetujui, ketika sudah ditandatangani maka baru perjanjian atau akad bisa diunduh dalam bentuk PDF yang terkunci sehingga tidak bisa diedit atau di convert lagi. Secara hukum hal tersebut dianggap sah mengingat tandatangan digital diatur dalam UU no. 11 tahun 2008 tentang ITE.
Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk penerima pinjaman?
Penandatanganan dilakukan secara digital, yang akan diinstruksikan ketika sudah disetujui, ketika sudah ditandatangani maka baru perjanjian atau akad bisa diunduh dalam bentuk PDF yang terkunci sehingga tidak bisa diedit atau di convert lagi. Untuk penerima dana disesuaikan dengan produk apa yang pengguna dana ajukan dan sistem hanya menunjukkan klausula khusus dalam akad.
Seberapa aman informasi pribadi saya?
Kami memahami bahwa menyelesaikan transaksi online membutuhkan tingkat kepercayaan yang cukup tinggi. Kami menangani masalah kepercayaan ini dengan sangat serius dan menempatkannya dalam prioritas tertinggi, untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan informasi yang Anda sediakan. Syarfi menggunakan teknologi SSL (lapisan soket aman) standar industri untuk melindungi setiap interaksi Anda dengan kami.
Bagaimana cara untuk mengubah informasi dalam akun saya?
anda dapat mengubah akun informasi dengan cara masuk ke profile > pilih setting > lalu anda dapat mengubah informasi akun yang anda miliki. Jika sudah pilih tombol save.
Bagaimana jika saya lupa password?
jika Anda lupa pasword maka anda silahkan click link forgot password, lalu masukkan email anda > click send request > maka secara otomatis kami akan mengirimkan password anda melalui email aktif yang sudah terdaftar di acount syarfi.